«

Sep 28

Meningkatkan Mutu Belajar Siswa

 


Siswa dan siswi SD Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng mengikuti kegiatan pendalaman materi pelajaran. Selain untuk meningkatkan mutu belajar siswa, pendalaman materi juga sebagai sarana bimbingan belajar bagi siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Siswa dan siswi SD Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng mengikuti kegiatan pendalaman materi pelajaran. Selain untuk meningkatkan mutu belajar siswa, pendalaman materi juga sebagai sarana bimbingan belajar bagi siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Siswa dan siswi SD Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng mengikuti kegiatan pendalaman materi pelajaran. Selain untuk meningkatkan mutu belajar siswa, pendalaman materi juga sebagai sarana bimbingan belajar bagi siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.

Kelas pendalaman materi di luar jam kegiatan belajar-mengajar menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan mutu dan daya serap siswa dalam menerima pelajaran. Hal tersebut dilakukan oleh SD Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng sebagai salah satu program yang diterapkan mulai dari kelas kecil hingga kelas besar tiap Sabtu, di bulan September hingga Desember 2016.

Kelas pendalaman materi yang diadakan oleh SD Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan prestasi belajar bagi siswa dan bentuk perhatian guru kepada siswa. “Meningkatkan prestasi belajar siswa SD Cinta Kasih Tzu Chi, di sisi lain pendalaman materi juga membantu siswa dari rusun mendapatkan tambahan pelajaran,” ungkap Freddy S. Kom, MM, Kepala Sekolah SD dan Direktur Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng.


Meningkatkan Mutu Belajar Siswa

Dilla Maekani, salah satu guru pendalaman materi di kelas 4 SD sedang mengkoreksi jawaban dari soal-soal yang diberikan dalam kelas pendalaman materi.

 

Pendalaman materi pelajaran yang dilakukan SD Sekolah Cinta kasih (SCK) Tzu Chi dikhususkan bagi siswa yang tinggal di Rusun Cinta Kasih Tzu Chi Cengkareng.  Untuk SD kelas 1-2, pendalaman materi berupa belajar membaca dan berhitung, kelas 3-5, belajar IPA dan Matematika, sedangkan untuk kelas 6, seluruh siswa diwajibkan untuk mengikuti kelas pendalaman materi tersebut dan disesuaikan dengan mata pelajaran untuk ujian kelulusan.

Selain untuk mendongkrak prestasi belajar siswa, pendalaman materi belajar juga sebagai sarana bagi siswa dan siswi SD Sekolah Cinta Kasih yang tidak mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah.   Sistematika yang digunakan dalam kelas pendalaman materi juga bermacam-macam, salah satunya dengan cara membentuk kelompok kecil yang mengajarkan kerja sama siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Dengan adanya kelompok-kelompok kecil di dalam kelas yang terdiri dari 3-4 orang siswa tersebut, mereka saling membantu jika ada siswa yang tidak tahu cara menyelesaikan soal dengan dibantu oleh teman satu kelompoknya ataupun mengerjakannya bersama-sama.

Meningkatkan Mutu Belajar Siswa

Siswi SD kelas 4 Sekolah Cinta Kasih (SCK) Tzu Chi yang terbagi dalam kelompok kecil dalam kelas pendalaman materi mengerjakan soal Matematika bersama-sama.

 

Dilla Maekani, salah satu guru dalam kelas pendalaman materi pelajaran matematika untuk kelas 4 SD mengungkapkan mereka bisa membagi tugas dalam kelompoknya, misalnya 1 soal 2 orang atau mereka mengerjakan semua bersama-sama. “Penyelesaian soal-soal pendalaman materi tergantung dari strategi masing-masing kelompok, disisi lain mereka juga belajar bertanggung jawab kepada kelompoknya,” ungkap guru Matematika SD Cinta Kasih Tzu Chi tersebut.

Metode yang digunakan dalam memberikan materi pendalaman materi bukan hanya dengan membentuk kelompok saja, ada yang menggunakan games, sharing, serta cara-cara yang menarik lainnya untuk menyampaikan materi. Guru-guru yang mengajar juga diberi kebebasan dalam cara menyampaikan materi sesuai dengan pelajaran, hal ini bertujuan supaya siswa tidak bosan dan lebih terbuka dalam menerima pelajaran.

Persiapan Menjelang Ujian

Bagi siswa SD kelas 6 Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi, pendalaman materi pelajaran merupakan hal yang wajib sebagai persiapan menjelang ujian kelulusan. Dalam kurun waktu September hingga Desember 2016, seluruh siswa SD kelas 6 mengikuti kelas pendalaman materi.

Meningkatkan Mutu Belajar Siswa

Michel, siswi SD kelas 6-D, Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi yang didampingi oleh Wawan Prasetyo, guru pendalaman materi Matematika, maju ke depan kelas untuk mengerjakan soal tentang FPB (faktor persekutuan terbesar) dan KPK (kelipatan persekutuan kecil) dalam kelas pendalaman materi pelajaran.

 

Pelatihan yang dipelajari dalam kelas pendalaman materi untuk kelas 6 SD yaitu semua mata pelajaran. Para siswa diajak untuk berperan aktif dalam menyelesaikan soal-soal yang bervariasi tingkat kesulitannya. Adapun materi yang diperuntukan bagi siswa kelas 6 SD adalah mata pelajaran Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

Kepala sekolah SD Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng, Freddy juga mengungkapkan bahwa pendalaman materi untuk siswa kelas 6 SD ini sebagai persiapan dalam menghadapi ujian kelulusan, para siswa diharapkan memiliki nilai di atas rata-rata. “Dengan adanya pendampingan dalam kelas pendalaman materi ini, kami berharap para siswa bisa lulus dengan nilai yang memuaskan,” tutupnya.

Sumber : http://www.tzuchi.or.id/read-berita/meningkatkan-mutu-belajar-siswa/6207